Selasa (24/8), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalbar menyalurkan bantuan berupa beasiswa terhadap 13 mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah (STAIM).

Beasiswa tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Baznas Provinsi Kalbar, Uray. M. Amin dengan didampingi oleh Wakil Ketua 2, Hamzah Tawil.

Amin mengungkapkan, beasiswa yang diberikan terhadap 13 mahasiswa di STAI Mempawah, akan ditanggung biaya perkuliahannya hingga selesai.

“Jadi, 13 mahasiswa yang ditanggung dari BAZNAS ini akan disekolahkan hingga selesai. Jika ada mahasiswa yang melewati semester 8, maka itu di luar tanggungan kita ” tuturnya.

Bantuan yang diberikan secara bertahap tersebut nantinya akan membantu biaya perkuliahan mahasiswa penerima, di mana dalam pemilihan penerima itu ditentukan oleh pihak STAI Mempawah. “Dana ini kami serahkan sepenuhnya pengelolaannya kepada pihak STAIM, siapa saja yang berhak mendapatkan bantuan pendidikan ini,” kata dia.

Amin juga berharap penyaluran beasiswa ini bisa meringankan beban orang tua mahasiswa dalam membayar uang perkuliahan.

Ketua Yayasan Asmaul Husna STAI Mempawah, Hj. Ratna Ningsih, mengapresiasi program yang dilaksanakan Baznas Provinsi Kalbar dalam membantu mahasiswa dalam menjalani masa pendidikan. Karena bantuan tersebut sangat berpengaruh, terutama terhadap mahasiswa kurang mampu. “Banyak diantara mahasiswa kita memiliki ketidakmampuan dari segi ekonomi, ada juga yang  mampu tapi  punya prestasi. Jadi dengan bantuan ini, dapat memotivasi mereka untuk lebih cepat menyelesaikan studinya,” ucapnya.