Unit Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah melaksanakan kegiatan Pembekalan Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah Tahun Akademik 2023/2024.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan acara Pembukaan Pembekalan Mahasisw Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah yang dihadiri oleh Ketua Yayasan Asmaul Husna Mempawah (Dra. Hj. Ratna Ningsih, M.Pd.I), Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah (Ismail, M.Pd.I), Bupati Mempawah yang diwakili oleh Asisten Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Kabupaten Mempawah (Drs. Rahmat Effendy, MM), Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah dan Mahasiswa/i Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah Angkatan 2020 yang akan menjadi peserta Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah Tahun Akademik 2023/2024.

Adapun peserta PPL Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam berjumlah 23 Orang dan Program Studi Tadris Bahasa Inggris berjumlah 9 orang. Sedangkan peserta PPL Jurusan Syariah Program Studi Ahwal Al-Syakhsiyyah berjumlah 19 orang dan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah berjumlah 23 orang. Jadi jumlah Peserta PPL STAI Mempawah Tahun Akademik 2023/2024 berjumlah 74 Orang.

Untuk tempat Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah Tahun Akademik 2023/2024 Jurusan Tarbiyah, Yaitu :
MA Aliyah Al-Manshury SBBL; MA Riyadhul Ulum Sungai Pinyuh; SMKN Islam Insan Cendikia Mempawah; MA Khairul Hikmah Desa Pasir; SMAN 1 Mempawah Hilir; SMKN 1 Mempawah Timur; SMAN 2 Mempawah Hilir; SMK Nahdlatul Ulama Antibar; SMAN 1 Sungai Kunyit; MA Al-Mukhlisin Antibar; MA Al-Qomat Kuala Secapah dan MAN 1 Mempawah Hilir.
Sedangkan tempat PPL Jurusan Syariah, Yaitu :
Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Mempawah; Dinas Penanaman Modal, KUKM dan PTSP Kabupaten Mempawah; Pengadilan Agama Mempawah; Kementerian Agama Kabupaten Mempawah; Kantor Urusan Agama Kecamatan Mempawah Hilir; Bank Rakyat Indonesia Cabang Mempawah; Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat Cabang Mempawah; Dinas Sosial, PP dan PA, PM dan PD Kabupaten Mempawah; Pengadilan Negeri Mempawah; Kantor Urusan Agama Kecamatan Sungai Pinyuh dan Rutan Kelas II B Mempawah.

Dalam sambutannya Ketua Yayasan Asmaul Husna Mempawah, Ibu Dra. Hj. Ratna Ningsih, M.Pd.I menyampaikan “Kepada mahasiswa STAI Mempawah yang akan melaksanakan PPL Agar selalu menjaga nama baik almamater, Ilmu dan Akhlakul Karimah harus seimbang, bila mengamalkannya maka akan diterima dengan baik oleh masyarakat, institusi dan instansi tempat PPL”.

Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua STAI Mempawah, Bapak Ismail, S.Pd.I, M.Pd.I. Beliau menyampaikan, “Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Mahasiswa PPL STAI Mempawah, Pertama Integritas STAI Mempawah, Kedua laksanakanlah program PPL dengan proposional dan profesional. Hal ini dikarenakan karena keduanya adalah bentuk representatif dari STAI Mempawah itu sendiri”.

Sambutan Ketiga disampaikan oleh Bupati Mempawah, yang diwakili Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Kabupaten Mempawah, Bapak Drs. Rahmat Effendy, MM, sekaligus membuka kegiatan Pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) STAI Mempawah. “Kepada mahasiswa yang akan turun kelapangan untuk melaksanakan PPL baik di sekolah maupun instansi pemerintahan selalu berikan yang terbaik untuk mereka. Mahasiswa diharapkan agar dapat untuk berfikir kritis, inovatif dan kreatif dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya”, imbuhnya.