Sabtu 11/12/2021, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Mempawah menggelar Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana Strata 1 (S1) ke-IV Jurusan Tarbiyah dan Jurusan Syariah Tahun Akademik 2021/2022.
Sidang senat diikuti oleh senat dan dosen STAI Mempawah, serta 45 wisudawan dari Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Program Studi Ahwal Al-Sykhshiyyah, orang tua/wali wisudawan dan Wakil Bupati Mempawah dan para tamu undangan. Adapun kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan dari awal acara hingga selesai.
Dari 45 wisudawan, 34 wisudawan adalah mahasiwa Program Studi Pendidikan Agama Islam berhak menyandang gelar S.Pd, dan 11 wisudawan dari Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyyah yang layak menyandang gelar SH. Dari 45 wisudawan, terpilih 3 wisudawan yang mendapatkan penghargaan dari Ketua STAI Mempawah dengan predikat wisudawan terbaik dan 1 wisudawan dengan penghargaan sebagai pencipta Logo Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) STAI Mempawah.
Saudara Haris Rosi, wisudawan dari Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyyah merupakan mahasiswa yang mendapatkan penghargaan wisudawan terbaik Jurusan Syari’ah dan wisudawan Terbaik Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Mempawah dengan IPK 3.98 dan judul skripsi yang diangkat adalah “Ihdad Bagi Wanita Karir yang Ditinggal Mati Suaminya dalam Perspektif Hukum Islam”.
Saudari Nour Fitri Islamiyah, wisudawati dari Program Studi Pendidikan Agama Islam merupakan mahasiswi yang mendapatkan penghargaan wisudawan terbaik Jurusan Tarbiyah dengan IPK 3.91 dan judul skripsi yang diangkat “ Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19”.
Sedangkan Abdul Haris, wisudawan dari Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyyah merupakan mahasiswa yang mendapatkan penghargaan sebagai pencipta Logo Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) STAI Mempawah.
Haris Rosi, dalam penyampaian pesan dan kesannya mewakili wisudawan, “Pada hari ini kami tidak banyak berbuat apa-apa untuk membanggakan orang tua kami, tapi pada hari ini kami buktikan bahwa hari ini adalah hari di mana 4 tahun lamanya yang di nanti-nanti, hari kebahagian kami untuk semua orang tua wisudawan/i disini.”
Semua wisudawan yang ada disini ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sehingga bisa menambah kualitas SDM yang ada di Kabupaten Mempawah dan memajukan Kabupaten Mempawah Maju Dengan Ilmu.
Helmi, S.IP., M.Si selaku Ketua STAI Mempawah dalam sambutannya menyampaikan, “Dengan mengucapkan rasa syukur dan penuh kebanggaan bahwa wisuda tahun ini diikuti oleh 45 mahasiswa dari 2 program studi yaitu Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyyah dan Insha Allah tahun depan STAI Mempawah akan menggelar wisuda dengan 4 program studi dengan tambahan 2 program studi yakni Program Studi Hukum Ekonomi Syariah dan Program Studi Tadris Bahasa Inggris dan hal ini patut kita syukuri dan kita banggakan bersama.”
“Kami berharap para lulusan bisa berkarya di wilayah profesional yang mereka minati, dunia teori dan dunia praktek tentunya akan ada perbedaan, begitu juga saat lulusan akan terjun di masyarakat yang tidak menutup kemungkinan akan menghadapi segala hal yang melawan dan melanggar hukum, namun kami percaya dan berharap agar lulusan STAI Mempawah tetap menginternalisasikan nilai-nilai Islam didalamnya dan para lulusan yang menyandang alumni STAI Mempawah bisa berkarya di berbagai bidang profesi, keilmuan dan keahlian, tanpa harus mengorbankan akar identitas moral sebagai seorang muslim”, tambahnya.