Aksi donor darah menjadi salah satu rangkaian peringatan dies natalis STAI Mempawah ke-8. Kegiatan donor darah dilakukan di gedung akademik STAI Mempawah pada hari Jum’at (28/2) bekerjasama dengan PMI Kab. Mempawah.

Peserta Melakukan Registrasi

Menurut Noor Fitri Islamiyah, selaku ketua panitia aksi donor darah mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan salah satu agenda dies natalis yang diselenggarakan sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan warga STAI Mempawah.

“Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial STAI Mempawah kepada sesama tanpa membedakan agama suku, ras, maupun budaya. Dengan kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan,” paparnya.

Aksi Donor Darah STAI Mempawah

Disampaikan oleh Ruly yang merupakan salah satu petugas PMI, kegiatan donor darah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung serta untuk meningkatkan produksi sel darah merah pendonor. Dalam acara donor darah ini setidaknya lebih dari 30 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Para peserta terdiri dari mahasiswa, karyawan, dan alumni STAI Mempawah serta siswa dan masyarakat sekitar Mempawah. Namun, tidak semua mendapatkan kesempatan karena akan diseleksi terlebih dahulu sesuai kriteria persyaratan yang telah ditentukan.

“Alhamdulillah, cukup banyak yang mendaftar dan sebagian besar lolos. Adapun peserta yang tidak lolos karena tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat”, tuturnya. Lebih lanjut Ruly mengucapkan banyak terima kasih kepada para relawan yang telah mendonorkan darahnya dan juga kepada STAI Mempawah yang telah memfasilitasi kegiatan yang sangat bermanfaat ini. “Kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, semoga dengan tambahan persediaan kantong darah hari ini dapat mencukupi persediaan darah di PMI Kab. Mempawah”, jelasnya.

(Dan/Pustadin)

Tinggalkan Balasan